Tips Menghindari Skimming ATM yang Dapat Dilakukan Secara Efektif

tips menghindari skimming atm

Tips Menghindari Skimming ATM

Akhir – akhir ini masyarakat mengalami keresahan karena sebuah kejahatan yang berupa pencurian.

Bukan pencurian di rumah – rumah, namun tak tanggung – tanggung lagi, pencurian tersebut langsung menyerang di perangkat mesin ATM yang tentunya sangatlah mengkhawatirkan.

Pencurian tersebut sering kali disebut dengan skimming atau pencurian informasi tentang rekening atau kartu, dimana beberapa informasi tersebut adalah nomor PIN serta akun dari nasabah melalui ATM yang digunakan.

Skimming ini sendiri ternyata bukan merupakan sebuah teknologi baru, bahkan skimming ini sudah ada semenjak 10 tahun yang lalu dan yang kemudian jatuh ke beberapa tangan yang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan tindak kejahatan yang mana menggunakan teknologi yang bernama skimming ini.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana tips menghindari skimming ATM.

Pelakunya sendiri sekarang ini mampu untuk memperoleh beberapa data dari sebagian besar nasabah secara real time, dimana hanya dengan menggunakan 2 buah perangkat yang mana masing – masing diletakkan di tempat semua orang memasukkan kartu debit miliknya.

Baca juga: Perkembangan Cashless Society di Indonesia yang Sangat Masif

Untuk cara kerjanya sendiri adalah membaca garis magnetik dan juga nomor akun. Dimana biasanya juga terpasang beberapa kamera tersembunyi yang dimaksudkan untuk bisa mengintai nomor PIN yang diketikkan oleh setiap nasabah.

Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah hal yang membuat masyarakat sangat resah, bagaimana tidak? Karena beberapa waktu lalu ada banyak sekali nasabah yang mana menjadi korban skimming itu sendiri.

Dengan demikian para nasabah sangat dianjurkan untuk berhati – hati jika ingin melakukan transaksi melalui ATM.

Lalu seperti apa cara untuk bisa mengatasi hal tersebut?

Tak perlu khawatir karena berikut ini adalah beberapa tips menghindari skimming ATM yang bisa Anda perhatikan:

Waspada Dan Teliti Menggunakan Mesin ATM

tips skimming

Jika Anda ingin menggunakannya, maka sebaiknya waspada dan juga berhati – hati dalam memilih tempat transaksi.

Untuk sekarang ini memang tak dapat dipungkiri jika mesin ATM sudah semakin banyak dan mudah ditemukan.

Namun Anda tetap harus waspada serta teliti, terlebih jika menggunakan yang ada di pusat perbelanjaan, mini market, restoran, bandara dan juga beberapa yang lokasinya ada di tempat sepi.

Beberapa tempat tersebut memang sering kali menjadi incaran para pelaku skimming, sehingga akan jauh lebih baik jika Anda melakukan transaksi di mesin ATM yang ada di bank saja.

karena pelaku skimming biasanya tidak berani untuk melakukan aksinya di mesin ATM yang ada di bank karena dijaga ketat oleh security.

Selain itu juga pastikan jika tidak ada orang – orang yang sekiranya mencurigakan di sekitar Anda.

Dengan demikian tentu saja rekening Anda bisa lebih aman dan terhindar dari masalah skimming itu sendiri.

Memeriksa Mesin ATM Sebelum Menggunakannya

cara mengetahui skimmer atm

Kemudian sebelum Anda menggunakan, sebaiknya memeriksanya lebih dulu. Dalam artian apakah terdapat suatu keanehan maupun kelainan secara fisik di mesin tersebut.

Terlebih lagi pada bagian untuk memasukkan kartu. Perhatikan secara betul apakah posisinya terdapat suatu hal yang aneh maupun terlihat janggal atau tidak.

Karena biasanya di bagian atas untuk memasukkan kartu terdapat lampu kelip kelip yang berwarna hijau atau biru.

Dan jika tidak terdapat lampu yang menyala, maka terdapat kemungkinan jika alat skimmer tersebut terpasang di dalamnya sehingga menghalangi lampu yang terdapat di bagian insert card tersebut.

Jika memang terdapat beberapa mesin ATM bank yang sama di tempat tersebut, maka Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara keduanya.

Apakah terlihat sama atau berbeda. Selain itu periksa pula di bagian speaker dan atas ATM tersebut.

Anda bisa menggoyang – goyangkan kartu ATM-nya. Karena tips menghindari skimming ATM bisa dengan melakukan hal tersebut.

Jika ATM yang normal tentunya kokoh serta tidak terdapat bagian yang longgar. Selain itu Anda juga perlu mengamati bagian keyboardnya. Apakah terasa lebih tebal atau tidak.

Sebab apabila ditekan terasa keras atau tebal, maka kemungkinan besar sudah dipasangi alat skimmer pada balik keyboard tersebut.

Dan bila digoyang – goyangkan, maka pita magnetik tidak akan bisa membaca semua data dari kartu ATM tersebut serta tidak akan mengganggu proses dari mesin yang asli.

Memasukkan PIN Dengan Ditutup Tangan

cara menghindari kejahatan atm

Lalu Anda juga perlu untuk selalu menutupi dengan menggunakan tangan pada saat memasukkan PIN-nya.

Dalam artian merasa tidak aman tentu saja akan selalu membuat rasa was – was. Terlebih lagi teknologi sudah semakin maju dan canggih.

Sehingga tak menutup kemungkinan jika pada mesin ATM sudah dipasang dengan kamera pengintai yang dapat memantau aktivitas kita secara diam – diam. Sehingga nantinya dapat mengetahui password dari rekening.

Oleh karena itu agar mencegah hal tersebut, maka pada saat memasukkan nomor PIN sebaiknya Anda menutupinya dengan menggunakan tangan.

Selain itu Anda juga bisa rutin untuk mengganti nomor PIN Anda, namun pastikan selalu ingat nomor PIN tersebut.

Hal itu akan cukup efektif untuk membantu kita mencegah pembobolan rekening melalui cara-cara tadi.

Menggunakan Mesin ATM Saat Hari Kerja

cara mencegah terjadinya skimming

Tips menghindari skimming ATM selanjutnya adalah kita juga bisa menggunakan ATM tersebut pada hari kerja saja, karena sebagian besar pelaku skimming biasanya akan meletakkan alat penyadap mereka di saat akhir pekan.

Biasanya dilakukan pada hari Sabtu dan juga Minggu sebab bagi mereka dapat meminimalisir laporan dari para korban yang telah menyadari jika mereka terkena sadap.

Dan berhubung sebagian besar bank di akhir pekan libur, maka untuk laporan korban baru dapat diproses beberapa hari lagi.

Selang waktu itu, maka sudah cukup waktu untuk para pelaku skimming menjalankan aksi mereka.

Dengan demikian jika memang tidak terlalu terpaksa, maka Anda sebaiknya menggunakan ATM tersebut pada hari kerja untuk meminimalisir skimming tersebut.

Apabila memang Anda mendapati terdapat aktivitas yang mencurigakan pada rekening Anda, maka segera saja laporkan ke bank terkait.

Maka dengan semakin cepat laporan tersebut dilakukan, tentu saja semakin cepat pula proses untuk bisa menindaklanjuti kasus tersebut.

Mengaktifkan Layanan Mobile Banking

tips terhindar dari skimming

Selain itu Anda juga bisa mengaktifkan layanan dari mobile atau e-banking. Untuk sekarang ini sebagian besar bank sudah memberikan sebuah layanan mobile untuk para nasabahnya.

Dan memang ada baiknya jika kita segera mengaktifkan layanan tersebut agar nantinya semua aktivitas pada rekening Anda dapat dimonitor sendiri secara real time.

Selain itu beberapa layanan mobile banking sekarang juga memberikan sebuah fitur notifikasi pada smartphone ataupun email Anda jika memang terjadi sebuah transaksi apapun pada rekening nasabah.

Sehingga semuanya bisa kita ketahui dengan lebih mudah serta cepat, dan jika memang terjadi suatu hal mencurigakan, segera laporkan pada bank terkait.

Jadi itulah beberapa tips menghindari skimming ATM yang dapat Anda lakukan, dengan hal tersebut tentu saja nantinya kita semua dapat menghindari pembobolan dan semua uang yang ada di dalam rekening bisa aman.

Semoga artikel ini berguna, silakan bagikan informasi ini agar banyak yang dapat merasakan manfaat dari tips-tips diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *