Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi yang Efektif

cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi. Rasanya wajar jika Anda saat ini berusia 50 tahun ke atas sudah mengalami penurunan daya ingat dan konsentrasi, namun sekarang ini tak menutup kemungkinan ada juga anak muda berusia 30 tahun ke bawah sudah mengalami keduanya.

Baca Juga : Butuh Pinjaman Dana Tunai Langsung Cair? Begini Caranya!

Hal tersebut membuktikan bahwa usia bukan menjadi faktor utama dari penurunan daya ingat dan konsentrasi, lantas apa penyebabnya? Dan bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang efektif? Temukan jawaban selengkapnya disini!

Faktor yang Menyebabkan Daya Ingat dan Konsentrasi Menurun

Berikut adalah faktor yang meyebabkan daya ingat dan konsentrasi menurun, antara lain :

Insomnia

Jam tidur untuk orang dewasa idealnya adalah 7 – 8 jam, jika Anda setiap hari tidur kurang dari 7 jam karena selalu overthinking tiap malam ada saja pikiran yang mengganggu entah masalah pekerjaan, masa depan dan lain sebagainya.

Alhasil saat menjelang siang tiba rasa kantuk berlebihan muncul membuat konsentrasi menurun, jika tidak segera di atasi permasalahan insomnia ini bisa mempengaruhi performa kerja. Hindari juga bermain gawai (HP) dan jangan mengkonsumsi kafein menjelang jam tidur.

Mengkonsumsi Junk Food Berlebihan

Makanan cepat saji atau junk food yang kita konsumsi mengadung banyak garam, apabila terlalu sering di konsumsi dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit hipertensi (darah tinggi). Untuk meningkatkan kesehatan otak batasi asupan keju, margarin, gorengan dan makanan yang mengandung garam tinggi.

Kurang Bersosialisasi

Anda tidak bisa hidup sendiri di dunia apalagi kita adalah makhluk sosial yang butuh interaksi guna mempertahankan hidup, tidak sampai di situ saja dengan Anda berinteraksi mempengaruhi fungsi otak dan terhindar dari depresi.

Kurang bersosialisasi membuat Anda depresi, depresi berkontribusi menurunkan daya ingat. Solusinya carilah kenalan baru baik dari komunitas atau media sosial yang sefrekuensi dengan Anda.

Kurang Berolahraga

Tubuh kurang gerak atau kurang berolahraga dapat menurunkan daya ingat dan konsentrasi bahkan menimbulkan penyakit lainnya seperti jantung, diabetes dan resiko tekanan darah tinggi. Anda tidak perlu berolahrga terlalu lama sampai berjam-jam atau melakukan olahraga berat. Cukup rutinkan setiap pagi atau sore hari jalan cepat mengelilingi daerah sekitar. Mudah bukan? Tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan dapat menurunkan fungsi daya ingat seseorang sehingga sulit untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas motorik lainnya. Jangan menunggu haus baru minum selalu cukupi kebutuhan cairan Anda.

Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Manis

Berdasarkan penelitian di dalam jurnal Translational Psychiatry menunjukkan bahwa mengkonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan jenis bakteri usus di masa dewasa yang di sebut parabacteroides. Semakin tinggi parabacteroides maka kinerja hewan dalam tugas memori dan pembelajaran ikut memburuk.

Kurang Vitamin D

Seseorang yang kekurangan vitamin D dapat mengalami penurunan daya ingat dan konsentrasi yang parah 2x lipat saat usia dewasa, hal tersebut dijelaskan dalam jurnal Neurology. Walaupun belum jelas diketahui alasannya, namun para ahli mengaitkan peran vitamin D dalam otak bekerja sebagai ‘pengikat’ plak (berkaitan dengan demensia).

Stres dan Depresi

Berada di kondisi dengan segala ketidakpastian dapat memicu stres bahkan depresi akibatnya konsentrasi menurun, mudah lupa dan sulit mengambil keputusan. Jika kondisi demikian tidak segera di atasi dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Apakah saat ini Anda sedang mengkonsumsi obat antidepresan atau obat-obatan tertentu yang memicu rasa kantuk? Rasa kantuk yang timbul dari obat-obatan tersebut mempengaruhi proses berpikir sehingga konsentrasi dan daya ingat Anda menurun, obat-obat tersebut juga harus berada dalam pengawasan dokter.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi yang Efektif

Membatasi Konsumsi Gula

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pertama adalah membatasi gula, seperti yang tadi dibahas sebelumnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa mengakibatkan parabacteroides hewan yang bertugas dalam memori dan pembelajaran ikut memburuk.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula setiap hari berdampak pada penyakit kronis lainnya, itulah mengapa Anda harus membatasi konsumsi gula sebab tidak hanya kesehatan otak saja yang terjaga melainkan keseluruhan.

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

Agar daya ingat dan konsentrasi senantiasa meningkat otak pun membutuhkan asupan gizi khususnya asam lemak omega 3 yang didapatkan dari ikan berlemak (salmon, tuna, mackerel dan herring), makanan laut, telur, minyak ikan, kacang almond dan kacang kedelai.

Selain itu kurangi atau batasi minuman beralkohol sebab jika dikonsumsi berlebihan berdampak buruk pada fungsi kognitif Anda.

Rutin Berolahraga

Tidak ada alasan untuk malas berolahrga karena banyak sekali manfaat yang di peroleh, seperti:

  • Sirkulasi darah menjadi lancar serta suplai darah ke otak meningkat
  • Mengurangi Peradangan
  • Mendorong perkembangan sel saraf baru
  • Mengurangi resistensi insulin
  • Melepaskan zat biokimia yang berpengaruh pada kesehatan otak Anda

Lakukan olahrga murah dan mudah seperti berjalan kaki, lari atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap hari.

Melakukan Diet Sehat

Obesitas bisa di alami oleh siapa saja mau itu tua, muda, dewasa atau pun anak-anak. Untuk itu jagalah berat badan ideal Anda, karena seseorang yang mengidap obesitas berisiko tinggi terkena penyakit Alzheimer. Solusinya lakukan diet sehat dan penuhi kecukupan gizi Anda setiap hari.

Mengurangi Pemicu Stres

Ketika Anda stres otomatis hormon kortisol meningkat dan dapat mengganggu kemampuan otak. Namun bila tubuh menghasilkan hormon kortisol dalam jumlah yang cukup akan memberikan efek baik mulai dari meningkatnya fungsi memori bahkan menambah daya tahan tubuh.

Melatih Otak Setiap Hari

Ingin otak Anda bekerja secara optimal? Lakukan latihan otak setiap hari dengan mengisi teka teki silang, membaca, bermain puzzle, bermain catur, belajar bahasa asing, menghafal gambar atau memainkan alat musik. Lakukan aktivitas tersebut secara rutin untuk mempertajam daya ingat Anda.

Beristirahat yang Cukup

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang terakhir adalah beristirahat yang cukup 7 – 8 jam setiap hari, kurangi bermain gawai menjelang waktu tidur, kurangi mengkonsumsi kafein, alkohol dan kurangi overthinking / berpikiran berlebihan.

Baca Juga : Aplikasi Pinjaman Online Terbaik (Unduh Sekarang Juga)

Tidur berkualitas di malam hari sangat membantu daya ingat dan konsentrasi Anda ketika mempelajari hal baru. Ada cara lain untuk meningkatkan konsentrasi yang perlu Anda ketahui, yakni :

  • Memperhatikan seksama setiap informasi yang diberikan
  • Mengurutkan tugas berdasarkan prioritas dan lakukan pekerjaan dalam satu waktu
  • Membuat catatan tentang hal-hal penting
  • Mematikan alat elektronik atau menjauhi hal yang dapat mengganggu konsentrasi ketika Anda bekerja
  • Beristirahat sejenak setelah beberapa jam bekerja

Yuk kita terapkan sekarang juga beberapa cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi di atas. Agar kinerjamu di kantor, sekolah atau perkuliahan menjadi lebih baik lagi.

Dapatkan solusi untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda ketika terdesak hanya di Danafina, jangan ragu menghubungi Customer Service atau silahkan ajukan pinjaman melalui aplikasi Danafina yang bisa Anda unduh di google playstore. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *