Bayar Kerusakan Sendiri itu Berat, Biar Kami Saja yang Tanggung

Jangan sampai Anda menyesal jika ada kejadian yang tidak diinginkan menimpa mobil kesayangan, antisipasi dari sekarang, segera ajukan ke kami lalu Anda bisa tidur pulas.

Danafina Saat Ini Telah Bekerjasama dengan Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

Prioritas Pada Kualitas

Pengajuan Asuransi Mobil melalui Danafina akan lebih mudah dan cepat karena langsung diproses oleh tim marketing.

premi asuransi kendaraan bermotor
asuransi kendaraan bermotor adalah

Komprehensif (All Risk)

Merupakan bentuk jaminan terhadap suatu kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh kecelakaan (tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir di jalan) perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran, sambaran petir dan sebab-sebab lain yang dapat menimbulkan kerugian pada kendaraan tersebut.

Kerugian Total (TLO)

Memberikan jaminan penggantian apabila kendaraan hilang karena dicuri atau mengalami kerusakan total dengan biaya perbaikan sama dengan atau lebih dari 100% dari harga pasar kendaraan.

pengertian asuransi kendaraan bermotor

Segera Ajukan Disini & Rasakan Manfaatnya

Setiap pengajuan akan langsung diproses tanpa prosedur yang berbelit-belit karena tim marketing akan langsung menghubungi Anda.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Mungkin kita semua sudah mengetahuinya bahwa masyarakat di Indonesia tidak terlalu suka dengan hal yang berbau asuransi.

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa membayar asuransi sama saja dengan mengeluarkan biaya yang manfaatnya tidak dirasakan langsung pada saat ini juga.

Padahal fungsi asuransi itu sangatlah penting dan dapat menjadi juru penyelamat dikala kita sedang mengalami kondisi yang tidak diinginkan.

Dan kini untuk memiliki produk keungan tersebut, khususnya asuransi mobil, tidak memerlukan biaya premi yang mahal.

Melakukan antisipasi sejak dini itu lebih utama dibandingkan menyesal dikemudian harinya.

Apalagi sekarang biaya perbaikan kerusakan tidaklah murah, apabila uang Anda cukup, mungkin itu tidak terlalu menjadi masalah.

Namun jika Anda sedang dalam kondisi sulit finansial, maka hal itu akan sangat memberatkan.

Satu-satunya fasilitas yang bisa diandalkan ialah asuransi kendaraan bermotor. Jika sudah memiliki produk tersebut, Anda akan lebih tenang dalam beraktivitas sehari-hari.

Tidak perlu terlalu memikirkan resiko yang akan terjadi pada mobil kesayangan Anda sebab semuanya akan di cover oleh pihak asuransi.

Berhati-hati dijalan memang sangat dianjurkan, namun terproteksi juga tidak kalah pentingnya.

Masalahnya siapa yang bisa meramalkan segala sesuatu yang akan terjadi kedepannya.

Belilah asuransi kendaraan bermotor yang murah namun berkualitas supaya semua resiko seperti kehilangan, kerusakan maupun kecelakaan bisa dialihkan ke mereka.

Lalu produk asuransi mobil mana yang terbaik dan termurah?

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi sebab sekarang melalui Danafina sudah bisa mengajukan Asuransi.

Sebagai salah satu situs kredit multiguna terbaik di Indonesia, kami telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya.

Lalu apa keuntungannya jika mengajukan dari sini?

Yang pertama tentu saja pengajuan Anda akan langsung diproses tanpa menunggu terlalu lama sebab kebanyakan platform layanan insurance yang ada sekarang selalu lambat memproses data nasabah.

Sedangkan di Danafina memiliki PIC khusus (tim dari perusahaan asuransi) untuk langsung meng-handle data si pengaju.

Asuransi kendaraan untuk mobil menawarkan berbagai macam perlindungan atau jaminan seperti:

  • Asuransi mobil All Risk atau comprehensive (komprehensif).
  • Asuransi mobil Total Loss Only (TLO) atau kerugian total.
  • Comprehensive

Merupakan bentuk jaminan terhadap suatu kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh kecelakaan (tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan) perbuatan jahat orang lain; pencurian, kebakaran, sambaran petir dan sebab-sebab lain yang dapat menimbulkan kerugian pada kendaraan tersebut.

  • Kerugian Total (TLO)

Memberikan jaminan penggantian apabila kendaraan hilang karena dicuri atau mengalami kerusakan total dengan biaya perbaikan sama dengan atau lebih dari 100% dari harga pasar kendaraan.

  1. Gempa Bumi, Tsunami, Letusan Gunung Berapi.
  2. Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, Tanah Longsor.
  3. Huru-hara.
  4. Personal Accident Pengemudi.
  5. Personal Accident Penumpang.
  6. Tanggung Jawab Hukum Pihak III (TJH).

tarif premi komprehensif

Catatan:

  • Wilayah 1 : Sumatera dan Kepulauan di Sekitarnya.
  • Wilayah 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.
  • Wilayah 3 : Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Setiap penutupan harus ditambah dengan TJH (1% x TJH Rp 10.000.000)

tarif premi total loss only

Catatan:

  • Wilayah 1 : Sumatera dan Kepulauan di Sekitarnya.
  • Wilayah 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.
  • Wilayah 3 : Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Setiap penutupan harus ditambah dengan TJH (1% x TJH Rp 10.000.000)

tarif premi jaminan perluasan

Cari Tahu Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor

manfaat asuransi mobil

“Buat apa sih bayar asuransi? Itu kan hanya buang – buang uang saja!”

Apakah Anda salah satu orang yang berpikir seperti itu? Anda tidak sendirian.

Ada banyak orang yang menganggap bahwa asuransi kendaraan bermotor adalah hal sia – sia dan membuang – buang uang yang seharusnya bisa untuk ditabung atau membeli makanan.

Sayangnya, pendapat tersebut sebenarnya adalah pendapat yang salah kaprah. Membeli asuransi kendaraan bermotor sebenarnya justru membuat Anda terhindar dari kerugian yang lebih besar.

Ada sebuah istilah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Hal ini berlaku dengan baik dalam asuransi. Dengan menggunakan asuransi, Anda dapat meminimalisir resiko kerugian yang besar di masa depan. Entah karena musibah, kecelakaan, kerusakan, dan berbagai hal lainnya.

Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan asuransi kendaraan bermotor. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

#1 Melindungi dari Resiko Pencurian

Membeli kendaraan bermotor tidaklah murah, karena itu wajar jika pemilik kendaraan bermotor akan sangat menjaga barangnya. Akan tetapi, kadang kala bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pencurian meski Anda sudah menjaga dengan baik kendaraan bermotor milik Anda.

Pencurian kendaraan bermotor bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sering kali, kendaraan bermotor bisa hilang tercuri hanya dalam waktu beberapa detik saja. Jika hal ini terjadi pada Anda tentu saja akan sangat merugikan.

Menggunakan asuransi kendaraan bermotor akan membantu Anda mengurangi kerugian akibat pencurian. Jika kendaraan Anda dicuri, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana kepada Anda sebagai bentuk penggantian kerugian.

Besaran dana ini berbeda – beda tergantung ketentuan dari pihak asuransi.

#2 Melindungi dari resiko kerusakan

Selain pencurian, kerusakan kendaraan bermotor juga bisa saja terjadi. Di jalanan, meskipun Anda sudah berhati – hati, tapi pengendara lain belum tentu. Karena itu, kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan bisa saja terjadi.

Untuk memperbaiki kerusakan, tak jarang biaya yang dikeluarkan juga seringkali cukup besar.

Anda bisa saja memilih untuk tidak memperbaiki kerusakan tersebut, tapi tentu saja hal ini akan memperpendek masa pakai kendaraan Anda dan membuat Anda rugi semakin besar.

Dengan adanya asuransi, sebagian bahkan seluruh biaya reparasi bisa dicover oleh penyedia layanan asuransi kendaraan bermotor. Sehingga biaya perbaikan yang Anda keluarkan jadi tidak terlalu besar seperti harga pasaran.

#3 Membantu bertanggung jawab pada pihak ketiga

Kadang – kadang bisa saja terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Biasanya, dalam kasus seperti ini masalah akan lebih sulit dihadapi dan juga membutuhkan uang yang cukup banyak sebagai bentuk pertanggung jawaban.

Selain itu, Anda juga mungkin akan membutuhkan jasa hukum dan professional yang membuat biayanya semakin besar.

Namun, jika kendaraan bermotor yang Anda miliki telah diasuransikan, biayanya akan menjadi jauh lebih murah. Karena pihak asuransi akan mewakili Anda dan mengambil tanggung jawab atas kecelakaan tersebut.

Besaran Biaya Premi Asuransi Kendaraan Bermotor

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda jadi tahu bahwa mengasuransikan kendaraan bermotor yang Anda miliki ternyata memberikan manfaat yang cukup besar dan melindungi Anda dari kerugian atas hal – hal yang tidak diinginkan.

Namun kemudian, pertanyaan selanjutnya adalah berapa besaran premi yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Harga premi yang harus Anda bayarkan kepada pihak asuransi ini sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa hal yang menjadi pertimbangan, yaitu:

#1 Jenis dan Harga Kendaraan

Hal pertama yang mempengaruhi besaran premi adalah jenis dan harga kendaraan Anda. Secara umum, jenis kendaraan dibagi menjadi tiga, yaitu kendaraan non bus dan non truk, kendaraan bus dan truk, serta kendaraan roda dua.

Pembagian berdasarkan jenis kendaraan digunakan dan berlaku jika Anda menggunakan asuransi Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

#2 Wilayah Pertanggungan

Setelah jenis dan harga kendaraan diketahui, pertimbangan berikutnya dalam menentukan besaran premi adalah wilayah pertanggungan. Wilayah pertanggungan ini juga dibagi menjadi 3 bagian sesuai dengan kotanya.

Wilayah bagian pertama mencakup wilayah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, dan Jambi.

Wilayah bagian dua mencakup Jakarta, Banten, Bandung, Cirebon, Bogor, Purwakarta, Karawang, Subang, Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, dan Banjar.

Wilayah – wilayah yang belum masuk ke dalam wilayah bagian satu ataupun wilayah dua akan dikategorikan sebagai wilayah bagian tiga. Penentuan wilayah ini juga digunakan dalam menentukan premi untuk asuransi Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

#3 Umur Kendaraan

Umur kendaraan juga memiliki pengaruh dalam penentuan harga premi asuransi. Semakin tua umur kendaraan Anda, maka harga preminya akan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan harga premi kendaraan yang masih baru.

Hal ini juga menyesuaikan dengan ketetapan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menetapkan tentang penambahan 5% per tahun untuk setiap kendaraan yang usianya sudah lebih dari 5 tahun. Ketentuan ini hanya berlaku untuk jenis asuransi All Risk.

Apa Itu Asuransi TLO dan All Risk?

Pada umumnya, setiap perusahaan asuransi memiliki dua jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang pertama adalah asuransi TLO atau Total Loss Only dan yang kedua adalah asuransi All Risk.

Pada jenis asuransi TLO, Anda bisa mendapatkan ganti rugi hanya jika kendaraan bermotor yang Anda miliki mengalami kehilangan. Asuransi TLO ini biasanya akan memberikan Anda penggantian atas kehilangan sebesar harga kendaraan bermotor yang Anda miliki dikurangi penyusutan sebesar 10 persen per tahun.

Meskipun asuransi TLO hanya memeberikan ganti rugi jika kendaraan Anda hilang, biasanya asuransi ini juga ditambah dengan asuransi kecelakaan diri.

Jenis asuransi kedua yaitu asuransi All Risk akan memberikan ganti rugi bukan hanya ketika kendaraan Anda hilang saja. Tapi juga termasuk ganti rugi jika mobil Anda mengalami lecet. Penggantian yang Anda terima tergantung bentuk kerugian yang Anda alami dan juga syarat ketentuan yang berlaku.

Tidak semua perusahaan memberikan dua jenis asuransi ini dalam layanannya. Beberapa perusahaan hanya menawarkan asuransi TLO saja. Dan tidak semua kendaraan bermotor bisa mendapat asuransi All Risk. Hanya kendaraan seperti motor gede (MOGE) macam Harley Davidson atau motor mewah lain dan mobil yang cukup mewah saja yang bisa mendapatkan asuransi All Risk.

Selain itu, jika Anda membeli kendaraan bermotor dengan cara kredit, cicilan bulanan yang Anda bayarkan juga sudah termasuk biaya asuransi. Setiap leasing biasanya memiliki jenis asuransi yang akan mereka rekomendasikan, akan tetapi Anda bisa meminta asuransi lain yang lebih Anda suka dan menurut Anda lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda membeli kendaraan bermotor dengan cara cash, Anda tidak wajib mengasuransikan kendaraan Anda. Namun tetap bisa Anda daftarkan supaya Anda merasa lebih aman dan tenang.