Depresi Pengajuan Selalu di Tolak? Butuh Solusi Kredit Macet?

solusi kredit macet

Pusing memikirkan hutang yang menumpuk? Ingin mengajukan pinjaman tapi takut akan adanya proses BI Checking karena history pembayaran buruk? Ingin mencari solusi kredit macet?

Berhutang tidak selalu memberikan dampak negatif jika dipergunakan dengan baik dan benar.

Ada banyak konsumen merelakan hutang hanya demi gaya hidup yang tak sesuai contohnya adalah mengajukan kartu kredit dengan limit tertinggi padahal gaji pas-pasan.

Permasalahan mulai muncul ketika anda sudah membayar cicilan tak tepat waktu, sebenarnya nasabah tidak bisa disalahkan juga.

Mungkin saja uang yang sudah disiapkan untuk membayar angsuran harus terpakai karena ada keperluan darurat.

Namun, sebelum ingin mengajukan kartu kredit atau uang pinjaman. Lebih baik sudah dibuat perincian pengeluaran perbulan, tujuannya adalah agar nasabah mudah dalam mengatur budget perbulan tanpa harus mengganggu keuangan lainnya.

Maka dari itu pentingnya membagi pendapatan kedalam beberapa bagian. Bedakan antara tabungan, investasi dan dana cadangan.

Ternyata ada juga penyebab lain penyebab BI Checking anda buruk, ketika ada orang yang menyalahgunakaan identitas untuk mengajukan kartu kredit atau pinjaman lainnya.

Ini pernah terjadi, jadi saat orang tersebut berniat mengajukan dana tunai. Sewaktu di cek BI Checkingnya hasilnya negatif padahal ia merasa tidak pernah mempunyai masalah terhadap kredit.

Ada juga kejadian, sebut saja namanya pak andi. Beliau selalu rajin membayar angsuran motor perbulannya, dikarenakan pembayaran tersebut melalui pihak lain.

Pada bulan ke-5, 6 dan 7 pihak ketiga tersebut mengalami keterlambatan dalam membayar. Hal itu diketahui setelah pak andi mau melakukan take over.

Saat dilihat history pembayarannya hasilnya negatif karena terlambat bayar selama 90 hari atau 3 bulanan.  Padahal beliau selalu meyetorkan uangnya tepat waktu, untuk kejadian seperti ini anda perlu waspada.

Solusi Kredit Macet

solusi kredit macet bank mandiri

Kami akan memberikan beberapa solusi, bagi anda yang sudah terlanjur telat bayar tapi tetap mau mengajukan loan.

Tidak perlu langsung panik, karena setiap masalah pasti selalu ada jalan keluarnya.

Sebelum lanjut mengenai bagaimana cara penyelesaian masalah kredit macet, kami akan memberikan ulasan tentang seluk beluk BI Checking.

Seringkali orang menyepelekan pembayaran angsuran, entah karena mereka suka menunda-nunda atau memang ada kebutuhan lain yang tidak bisa dihindari.

Minimnya informasi kepada masyarakat tentang blacklist bank, dan acuhnya dalam membayar cicilan karena berpikir akan lebih baik kalau kendaraan diambil pihak leasing atau kartu kredit di off pihak bank dan masalah pun selesai.

Benar?

Salah besar kalau anda mempunyai pemikiran seperti itu, justru malah kesulitan mengajukan permohonan dana ditempat lain siap menanti apabila pembayaran anda calon debitur sangat bermasalah.

Baca Juga : Kredit Multiguna Tanpa BI Checking

Membahas mengenai BI Checking tidak terlepas dari SID (Sistem Informasi Debitur), SID merupakan sistem yang digunakan oleh lembaga keuangan bank non bank tujuannya untuk menganalisis track record  calon debitur sebelum pengajuan dana di approve.

Hal itu dapat membantu lembaga keuangan mengetahui history pembayaran debitur apakah baik atau buruk.

Sehingga saat debitur mendapati bahwa track record kreditnya jelek, mereka langsung memutar otak mencari tahu bagaimana solusi kredit macet.

Sejak tahun 1 januari 2018 SID telah dipegang oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berganti nama menjadi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Demi memperlancar pembangunan ekonomi dan penerapan manajemen resiko oleh lembaga keuangan bank maupun non bank serta mendukung pengawasan pada sektor keuangan, OJK memiliki wewenang mengatur dan mengembangkan penyelenggaraan sistem informasi antara lembaga satu dengan lembaga lainnya.

Apabila dalam kurun waktu tertentu lembaga keuangan tidak melaporkan SLIK / laporan calon debitur, maka akan terkena sanksi administratif dari Rp. 5 juta – Rp. 50 juta/bulan.

Cakupan Pelapor SLIK

  • Perbankan
  • Lembaga Jasa Keuangan Non Bank
  • Perusahaan Modal Ventura
  • Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Persiapan Pelaporan SLIK

  • Debitur

CIF (Customer Information File), dalam penggunaan CIF harus berbeda antara debitur satu dengan debitur lainnya (harus unik);

Nomor Identitas, seperti NIK perorangan WNI sedangkan nomor passport khusus WNA dan terakhir adalah NPWP;

  • Fasilitas

Nomor Rekening, nomor unik sebagai identitas dari fasilitas yang diberikan oleh pelapor kepada debitur;

Untuk membedakan fasilitas, harus memakai prisip unik (nomor rekening tidak boleh sama);

  • Kode Register Agunan

Nomor unik untuk setiap agunan yang dikuasai pelapor;

  • Penjamin / Pengurus / Pemilik NIK

Khusus WNI = Debitur Perorangan

Khusus WNA = Nomor Pasport

Merasa kesulitan dengan peralihan dari SID ke SLIK?

Bagi lembaga keuangan yang sudah terbiasa menggunakan SID, maka akan ada penyesuaian signifikan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Sistem Informasi Debitur telah berubah menjadi SLIK.

Cara Mengecek BI Checking

  • Buka website resmi Otoritas Jasa Keuangan ojk.go.id itu untuk cara online nya. Sedangkan untuk cara offlinenya adalah dengan mendatangi kantor cabang OJK
  • Persiapkan dokumen seperti KTP bagi WNI dan paspor bagi WNA
  • Calon debitur yang memiliki badan usaha perlu menyiapkan identitas NPWP badan usaha,akta pendirian usaha serta perbahan anggaran dasar (terbaru)
  • Pihak OJK akan meneliti semua data dan dokumen
  • OJK akan Memberikan informasi tentang status kredit anda

Tips Membersihkan BI Checking (Prosedurnya Cukup Rumit)

cara mengatasi kredit macet pada koperasi

  • Lunasi cicilan yang sudah menunggak sesegera mungkin
  • Hutang sudah lunas? Pantau terus progress-nya, perhatikan dengan seksama apakah kredit skor berangsur-angsur berubah atau tidak. Kalau belum, komplain ke lembaga keuangan bank atau non bank tempat anda mengambil kredit (Pada poin ini terkadang bisa beda dengan realita di lapangan karena banyak calon nasabah kami yang mengeluhkan BI Checking-nya tidak pernah bersih walau sudah selalu diajukan).
  • Bawa surat klarifikasi dari lembaga keuangan tempat anda mengajukan kredit. Kemudian konfirmasi ke gerai BI (Bank Indonesia) dan menjelaskan bahwa debitur sudah menuntaskan segala hutang. Terakhir tunggu sampai BI Checking benar-benar bersih.

Penyebab Kredit Macet

  • Analisa Kredit Lemah. Kurangnya skill pegawai dalam hal analisis kredit, lemahnya kebijakan / SOP dan kurangnya informasi yang diterima (membuat misscomunication).
  • History Calon Debitur. Dapat menjadi dasar keputusan kredit sehingga mengabaikan analisa kredit. Jika sudah terlanjur mempunyai BI Checking negatif, calon nasabah harus bisa berkonsultasi kepada pemberi pinjaman  & meminta solusi kredit macet.
  • Etika Buruk. Berkaitan dengan perilaku nasabah juga menjadi permasalahan karena dianggap tidak koperatif apabila mengalami kendala pembayaran. Lari dari tanggung jawab setiap jatuh tempo.
  • Pencairan Dana Hanya untuk Gaya Hidup. Data sudah di approve & uang tunai cair, ternyata dari dana tersebut melebihi kebutuhan awal.

Pilihan ada di tangan, ingin digunakan apa dana kelebihannya. Tidak menutup kemungkinan banyak debitur menggunakan kelebihan uang demi membelanjakan barang mahal, saat waktu pembayaran tiba, sisa uang sudah habis.

Berikut adalah beberapa solusi kredit macet :

solusi kredit macet bank danamon

  • Persyaratan Kembali

Lebih dikenal dengan sebutan restructuring, pihak lembaga keuangan Bank ataupun Non Bank resmi yang berperan sebagai penyedia layanan kredit harus mengetahui apa alasan debitur mengalami kredit macet.

Debitur bisa silahkan datang langsung ke lembaga keuangan tersebut dan meminta persyaratan kembali. Maka pihak lembaga keuangan bisa menaksir kembali kemungkinan-kemungkinan sesuai dengan kondisi debitur, sehingga kredit bisa diatur ulang bukan malah lari dari tanggung jawab.

Perubahan dari seluruh atau sebagian persyaratan kredit, meliputi :

  • Perubahan Jadwal Pembayaran
  • Jangka Waktu
  • Dan, atau persyaratan lain

Bisa juga melakukan penjualan / pelelangan aset jaminan secara sukarela untuk melunasi hutang.  Selanjutnya ada istilah face out yaitu menjual hak tagih atau mengalihkan ke kreditur lain.

Perjanjian pelunasan hutang (PPH), ialah sebuah perjanjian yang dibuat antara debitur dengan kreditur. Surat tersebut menyatakan bahwa debitur lunas dalam jumlah tertentu melalui penyerahan aset sudah disepakati kedua belah pihak.

  • Penjadwalan Kembali

Alasan umum mengapa debitur sering mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan adalah karena ketidakmampuannya membayar dalam tenggang waktu tertentu. Sebelumnya peringatan sudah diberikan kepada debitur (pengingat) sebagai pencegahan terjadinya kredit macet.

Jika peringatan pembayaran cicilan sudah masuk ke dalam peringatan terakhir namun debitur belum bisa membayarnya, silahkan ajukan penjadwalan kembali.

  • Menambah Fasilitas Kredit

Konsultasikan permasalahan pembayaran kepada pihak kreditur dan mintalah solusi kredit macet dengan tambahan sebuah fasilitas kredit. Misalnya, membagi pembayaran lebih kecil agar tidak memberatkan debitur.

  • Konversi Tunggakan

Semakin lama anda tidak membayar angsuran, akan sangat memberatkan debitur karena bunga semakin besar.

Itulah yang menjadi penyebab lain orang malas membayar cicilan, sehingga menyulitkan dikemudian hari. Maka dari itu kami menyediakan fasilitas prepayment atau pembayaran dipercepat.

Sehingga, bila anda sudah merasa mampu membayar lunas cicilan sampai akhir langsung dibayarkan saja agar anda terbebas dari hutang. BI Checking pun aman.

  • Pembebasan Rate

Fasilitas ini bisa dimanfaatkan bila nasabah benar-benar dalam kondisi tidak mampu secara keuangan.

Lembaga keuangan mewajibkan debitur membayar sisa pinjaman pokok, salah satu kekurangannya adalah proses yang dibutuhkan cukup panjang. Solusi kredit macet yang satu ini sangat membantu meskipun pemrosesan cukup panjang dan memakan waktu.

  • Berkomitmen Sejak Awal

Salah besar kalau orang beranggapan bahwa tujuan pinjaman itu memberatkan pengaju. Asal sudah mempersiapkan sejak awal tujuan anda meminjam untuk apa dan konsekuensi apabila membayar terlambat.

  • Membagi Gaji

Solusi kredit macet yang terakhir adalah membagi gaji. Pergunakan dana cair dengan bijak, saat gajian sudah tiba langsung saja bayar angsuran atau sisihkan segera jangan ditunda lagi. Dijamin tidak akan ada namanya kredit macet.

Pengajuan di Bank prosesnya lebih rumit mulai dari dokumen dan harus melalui BI Checking. Skor kredit BI Checking yang sangat disukai bank adalah 1 dan 2 (dalam pengawasan)

Tips Preventif Agar Hutang Tidak Bermasalah

cara mengatasi kredit macet leasing

Banyaknya cicilan membuat pusing karena tidak dapat mengatur anggaran, hutang 1 belum lunas sudah mengajukan pinjaman atau mengkredit barang lain.

Gaya hidup seperti itu harus segera dihilangkan sejak dini, Danafina.com akan memberikan langkah pencegahan (preventif) mengelola utang agar jauh lebih berguna dan pembayaran angsuran selalu lancar setiap bulannya, apa saja tipsnya? Mari kita bahas :

  • Buat List Budget

Sekarang ini sangat mudah membuat list keuangan pribadi, ada banyak aplikasi yang tersedia diplaystore. Tinggal anda pilih sesuai dengan keinginan anda, buat list khusus membayar angsuran perbulan dan atur pengingat supaya tidak lupa saat waktu jatuh tempo.

Pergunakan smartphonemu dengan bijak, kalau memang tidak bisa mencatatnya di buku harian.

Keuangan lebih teratur, kewajiban pun beres seketika. Mudah kan solusi kredit macet satu ini?

  • Catat Pengeluaran

Pentingnya mencatat pengeluaran agar lebih teratur dan jelas, uang yang keluar lebih banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan semata saja.

Selagi kamu mempunyai tanggungan cicilan, alangkah bijaknya kalau pengeluaran yang tidak terlalu penting dialihkan untuk membayar tagihan.

  • Cari Income Tambahan

Bagaimana caranya? Bisa dengan menjadi pekerja paruh waktu saat weekend, membuat hasil karya seperti tas anyaman, anting-anting atau menjadi dropshipper online shop.

Menjual barang-barang tidak terpakai tapi masih bisa digunakan juga dapat menjadi solusi lain untuk memperoleh fee tambahan.

Kalau anda hobi masak, buat saja usaha catering kecil-kecilan siapa tahu hobimu nanti bisa menjadi penghasilan utama saat resign nanti.

  • Meminjam Dana Maksimal

Kenapa harus maksimal? tujuannya agar debitur dapat memanfaatkan sisa dana untuk investasi. Investasi yang paling mudah dilakukan oleh semua orang adalah investasi emas (batangan atau perhiasan).

Menambah modal usaha, dari profit yang diperoleh untuk membayar angsuran agar menjadi lebih ringan. Poin ini juga bisa menjadi solusi kredit macet.

Mengapa kredit buruk merugikan banyak pihak?

Dampak kredit macet tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan finance, bank bahkan negara.

Apabila tidak segera diatasi, permasalahan kredit ini akan mempengaruhi likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, profitabilitas, bonafiditas, modal kerja dan tingkat kesehatan bank.

Likuiditas, hal penting dalam perusahaan sebab berkaitan dengan pada kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendek. Bila hutang naik atau meningkat, maka bank harus mengusahakan sisi aktiva lancar.

Saat jatuh tempo tiba namun dana untuk membayar sudah digunakan atau bahkan belum dipersiapkan sebelumnya. Saat itulah likuiditas bank terancam.

Solvabilitas, merupakan kemampuan bank memenuhi kewajibannya dalam jangka panjang dengan menjual seluruh aset perusahaan demi melunasi hutang yang ada. Impact dari kredit bermasalah terhadap bank adalah terjadinya likuidasi/pailit.

Rentabilitas, kemampuan bank memperoleh penghasilan berupa rate selama jangka waktu tertentu. Jenis rasio rentabilitas bank berupa Gross Profit Margin.

Dengan rasio tersebut bank dapat mengetahui bagaimana bank dapat memperoleh keuntungan. Semakin tinggi GPM akan semakin baik hasilnya, begitu pula sebaliknya.

Profitabilitas, kemampuan mendapatkan laba dari berbagai sumber yang dimiliki antara lain seperti aktiva, modal dan penjualan perusahaan. Angka keuntungan dari profitabilitas dapat diperoleh dari ROA (Return Of Assets). Bila kredit terkendala maka protabilitas semakin kecil.

Bonafiditas, menyangkut pada citra suatu bank, perusahaan, finance atau leasing. Jangan anggap sepele citra buruk akan sangat mempengaruhi kinerja. Dampak yang satu ini sangat perlu diperhatikan akibat dari kredit tak lancar.

Tingkat Kesehatan Bank, seringnya mengalami kredit macet dapat mempengaruhi kesehatan bank dari berbagai segi. Pihak bank atau non bank akan mendapatkan sanksi berat, otomatis tanpa harus berlama-lama akan mengalami likuidasi/collapase.

Modal Bank, dalam melakukan ekspansi bisnis/bank harus dilihat besar kecilnya perkembangan kredit.

Itulah pentingnya anda mengetahui apa saja solusi kredit macet, sebab dampak kedepannya sangat menakutkan bahkan merugikan.

Butuh tempat kredit tanpa BI Checking?

Kami siap membantu anda mendapatkan dana sesuai kebutuhan, tidak perlu cemas kalau pengajuan ditolak. Tim pasti akan langsung menindaklanjuti ke leasing rekanan lain sesuai syarat dan ketentuan.

Pengajuan di Bank pasti melalui proses BI Checking tujuannya untuk menyaring calon nasabah baik dan tidak bermasalah.

Kualitas kredit

Bank Pengkreditan Rakyat

  • Lancar
  • Kurang Lancar
  • Diragukan
  • Macet

Bank Umum

  • Lancar
  • Dalam Perhatian Khusus
  • Kurang Lancar
  • Diragukan
  • Macet

Semoga penjelasan diatas mengenai solusi kredit macet, dampak yang diterima dan cara membersihkan BI Checking bisa membantu anda.

Butuh dana? danafina aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 PT Danafina Mahakarya Indonesia