Ada di Lembaga Pembiayaan, Tim Survey Adalah?

tim survey adalah

Tim Survey adalah salah satu pihak yang cukup penting di dalam lembaga pembiayaan. Dimana merekalah yang akan mencari tahu informasi kepada calon penerima pinjaman kredit.

Nantinya informasi tersebut akan langsung diteruskan kepada pihak utama dari lembaga pembiayaan. Informasi tersebut cukup penting untuk menentukan diterima atau tidaknya permohonan kredit anda.

Kegiatan survey sendiri memang hampir selalu ada dalam proses kredit termasuk gadai BPKB mobil. Adapun di dalam prosesnya bisa dilakukan melalui telepon ataupun datang langsung ke tempat tinggal ataupun kerja pihak debitur.

Survei sendiri merupakan kegiatan pengumpulan data maupun informasi calon debitur atau nasabah yang akan melakukan pinjaman dana.

Tim Survey Adalah 

Merupakan bagian penting dari perusahaan finance atau leasing. Biasanya sering disebut juga sebagai CMO (Credit Marketing Officer). Ini merupakan salah satu pekerjaan lapangan dimana cocok bagi anda yang lebih suka bekerja di luar kantor.

Selain dikenal sebagai CMO, petugas yang datang langsung tersebut juga dikenal dengan Surveyor. Surveyor merupakan jembatan apakah permohonan seorang kreditur disetujui ataukah tidak oleh perusahaan pembiayaan. Dimana nantinya kesepakatan yang dibuat mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Adapun keuntungan oleh pihak nasabah adalah memperoleh pencairan dana dari lembaga leasing yang bisa digunakan buat memenuhi kebutuhan sesuai dengan pengajuan pinjaman serta melakukan  pembayaran per bulan.

Sedangkan untuk pihak perusahaan yakni nasabah mampu membayar angsuran kredit dengan tepat waktu dan tidak lewat tempo sesuai kesepakatan yang ada.

Tugas Seorang Survey/Surveyor

Seorang Surveyor ternyata juga mempunyai sejumlah tugas-tugas pokok dimana untuk melakukan aktivitas pekerjaannya. Adapun tugas-tugas tersebut diantaranya adalah:

  1. Relationship Officer

Dimana seorang tim survey harus menjalin dan menjaga hubungan hubungan baik dengan pihak perusahaan rekanan dimana sudah melakukan kerja sama sebelumnya. Sebagai contohnya menjalin hubungan dengan perusahaan multifinance dengan dealer mobil maupun motor.

  1. Marketing Officer

Mereka juga mempunyai tugas sebagai tim marketing dimana biasanya terdapat target yang telah diberikan oleh perusahaan kepada surveyor untuk bisa melakukan pencairan dana untuk setiap bulannya. Target tersebut biasanya berupa target per nasabah.

  1. Mengumpulkan data 

Mereka bertugas sebagai petugas lapangan yang akan mengunjungi tempat tinggal dari calon nasabah. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa calon nasabah benar-benar tinggal di alamat yang tertera. Selain itu, juga mengumpulkan beberapa data legal seperti identitas diri, jumlah penghasilan, pekerjaan dan status kepemilikan rumah.

  1. Credit Analyst Officer

Berikutnya terdapat tugas credit analyst officer dimana melakukan hipotesa terhadap semua data maupun informasi yang didapatkan. Seorang surveyor diwajibkan mampu menganalisa calon nasabah buat direkomendasikan kepada pihak atasan.

Dalam proses kredit, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati oleh debitur. Salah satunya adalah survey lapangan.

Nah kegiatan tersebut akan dilaksanakan oleh pihak tim survey alias surveyor atau MCO. Tidak heran jika tim survey adalah bagian penting dari lembaga pembiayaan.

Ingin cari pinjaman dana tunai tanpa survey yang ribet?

Anda bisa hubungi tim CS danafina.com dengan klik tombol WA yang ada di situs ini. Nanti selanjutnya tim CS kita akan bantu Anda memperoleh bantuan pinjaman uang non BI Checking secara mudah dan cepat.

Supaya proses berjalan lancar, mohon ikuti saja seluruh instruksi yang diberikan oleh tim CS kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 PT Danafina Mahakarya Indonesia