Tips Mengatasi Resiko Kredit Macet

resiko kredit macet

Resiko kredit macet memang bisa dialami oleh siapa saja. Terlebih berlaku bagi mereka yang kurang tertib sebagai debitur. Walaupun sebenarnya siapapun bisa mengalami hal yang sama.

Untuk itu simaklah beberapa tips agar kredit berjalan lancar berikut ini.

Kriteria Debitur yang Baik untuk Terhindar dari Resiko Kredit Macet

Ketika melakukan pinjaman uang pada bank atau tentunya anda harus siap dengan segala resikonya.

Termasuk ketika anda nantinya akan mengalami kendala ketika melakukan cicilan pelunasan. Karena pastinya tidak akan ada yang bisa menjamin ada atau tidaknya kendala didepan sana.

Pastinya ketika mengalami masalah saat proses cicilan berlangsung, sebagai contohnya adalah ketika kredit yang dilakukan macet. Maka tentunya resiko kredit macet ini akan sangat menganggu.

Kebanyakan yang terjadi didalam masyarakat, ketika ada seseorang yang kreditnya macet maka akan bermasalah dengan debt collector.

Debt collector ini akan sering mendatangi anda untuk segera melunasi cicilan. Bahkan jika anda tidak segera memenuhi apa yang diminta besar kemungkinan jaminan yang dijadikan agunan untuk mendapatkan pinjaman maka akan disita oleh penagih hutang tersebut.

Untuk itu agar ketika anda Gadai BPKB mobil kemudian takut nantinya akan mengalami resiko kredit macet, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti.

  • Sesuaikan Dengan Kemampuan

Tips pertama agar kredit tetap lancar adalah dimana kebutuhan dana anda harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan uangnya.

Pilih besar angsuran per bulan yang bisa anda tanggung. Sehingga nantinya ketika melakukan cicilan angsuran tidak akan membuat anda keteteran.

  • Jangan Melewatkan Jadwal Cicilan

Tips kedua yaitu dimana anda tak boleh melewatkan jadwal cicilan. Ketika sudah tiba jadwalnya membayar angsuran maka usahakan untuk mematuhinya. Hal ini untuk menghindari adanya denda keterlambatan maupun jumlah tagihan angsuran yang double.

  • Sesuaikan Dengan Tujuan Pinjam Uang

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Sehingga hal inilah yang akan membedakan besar kecilnya nominal yang dipinjam.

Namun akan lebih baik jika sebelum memutuskan untuk mencari pinjaman uang anda harus memastikan bahwa dana tersebut nantinya tidak akan dipergunakan untuk kebutuhan yang tidak perlu Misalnya saja untuk keperluan konsumtif.

Dengan berpatokan kepada tiga hal diatas maka akan turut membantu anda dalam menjaga agar kredit yang tetap akan tetap berjalan dengan baik.

Cara Mengatasi Kredit yang Kurang Lancar

Setiap orang pastinya tidak menginginkan bahwa cicilan kredit yang dimiliki macet. Namun tidak ada yang pernah tahu bahwa selalu ada kendala yang membuat proses pelunasan cicilan menjadi terkendala.

Namun Jika ternyata anda sudah terlanjur mengalami masalah pada kredit macet maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya yaitu:

  • Perpanjangan Masa Tenor

Yaitu dimana ketika kreditur macet maka bank atau leasing akan memberikan perpanjangan masa angsuran. Misalnya saja dari 2 tahun diperpanjang menjadi 3 tahun sehingga kreditur bisa tetap melunasi hutangnya dengan nominal cicilan yang lebih kecil atau ringan.

  • Pemberian atau Pengambilan Pinjaman Baru di Tempat Lain

Kredit macet karena terjebak pandemi seperti ini memang cukup memusingkan. Namun jangan khawatir karena besar kemungkinan bank atau multifinance akan menawarkan pinjaman baru.

Tujuannya adalah agar kreditur bisa menjalankan kembali apa yang menjadi penyebab kredit menjadi macet.

Dengan begitu akan membantu kreditur agar mampu melunasi pembayaran cicilan yang sempat tertunda.

  • Penataan Ulang

Jika kreditur mengalami kredit macet karena alasan tertentu maka biasanya pihak bank akan memberikan pilihan untuk persyaratan tata ulang mengenai segala persyaratan dan hal lain yang terkait dengan pelunasan cicilan.

Misalnya saja adalah dimana pihak bank akan memberikan keringanan berupa penghapusan bunga atau denda yang dibebankan kepada kreditur sehingga pihak kreditur yang mengalami kredit macet hanya cukup mengembalikan dana pokoknya saja.

Dengan beberapa solusi yang telah disampaikan di atas maka harganya adalah akan membantu anda dalam mengatasi atau mencegah adanya resiko kredit macet.

Bagi Anda yang ingin mengambil pinjaman uang dengan menggunakan fasilitas gadai bpkb mobil, silakan percayakan pada Danafina yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun.

Segera hubungi tim CS kami dengan meng-klik tombol WA yang ada di situs ini agar bisa langsung terhubung dengan tim kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Danafina.com